5 Jenis Asuransi Mobil dan Perbedaannya

105 views

Danareksa.iskandarnote.com Simak 5 Jenis Asuransi Mobil dan Perbedaannya-Risiko kecelakaan lalu lintas yang tidak bisa terelakkan sepenuhnya telah membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya menggunakan asuransi mobil. Layanan asuransi ini memungkinkan pemilik mobil mendapat recovery ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada kendaraannya.

Namun sebelumnya, tahukan Anda jika jenis asuransi mobil perbedaannya cukup beragam? Ya, ada beberapa jenis asuransi kendaraan yang masing-masing menawarkan layanan berbeda.

5 Jenis Asuransi Mobil

 Sebelum memutuskan untuk mengambil asuransi mobil, kenali terlebih dahulu lima jenis asuransi mobil ini.

1.      Asuransi All-Risk

Salah satu jenis asuransi yang paling banyak digunakan para pemilik kendaraan adalah asuransi All-Risk. Sesuai namanya, jenis asuransi ini akan menjamin segala macam risiko buruk pada mobil Anda.

Read:   Tips Berinvestasi di Danareksa Bagi Pemula

Mulai dari kerusakan ringan hingga berat, semua akan tercover melalui asuransi ini. Namun, biaya asuransi All-Risk juga cenderung mahal, yakni disesuaikan dengan tipe mobil.

2.      Asuransi Total Loss Only (TLO)

Pada dasarnya, asuransi total loss only juga akan memberikan jaminan menyeluruh pada mobil Anda. Hanya saja, klaim untuk asuransi TLO hanya bisa dilakukan pada mobil yang mengalami “kehilangan total”.

Artinya, kerusakan yang terjadi minimal harus 75% sehingga menyebabkan kendaraan tidak bisa diperbaiki dan digunakan lagi.

Meski syarat klaim asuransi TLO cenderung lebih rumit, namun harga asuransi TLO lebih terjangkau dibanding All-Risk.

3.      Collision Coverage

Dari namanya, tentu Anda sudah bisa menebak jika jenis asuransi ini merupakan cover pembiayaan untuk kecelakaan mobil yang disebabkan oleh tragedi tabrakan yang disebabkan pengemudi.

Read:   5 Saham Meroket Jadi Top Gainer Sejak Layanan Indosat GIG Tutup

Ganti rugi yang diberikan untuk jenis asuransi ini juga cukup besar, bahkan bisa setara harga mobil.

4.      Liability Insurance

Liability Insurance juga memberikan layanan cover dana untuk kecelakaan mobil yang disebabkan pengemudi. Namun, untuk jenis asuransi mobil satu ini, Anda juga bisa mendapatkan jaminan dana tambahan untuk tagihan medis.

Biaya yang ditetapkan untuk jenis asuransi satu ini tentunya lebih tinggi dibanding asuransi Collision Coverage.

5.      Personal Injury Protection

Berbeda dengan jenis-jenis asuransi sebelumnya yang memang lebih focus pada pendanaan ganti rugi terhadap kerusakan mobil. Asuransi Personal Injury Protection justru akan memberikan perlindungan terhadap pengemudi yang mengalami kecelakaan ketika berkendara.

Menariknya, dari asuransi ini Anda masih bisa mendapatkan biaya tambahan sebagai bentuk kompensasi.

Read:   Mengenal Indikator RSI Dalam Perdagangan Aset Investasi

Nah, selaian layanan yang berbeda, biaya masing-masing asuransi mobil di atas juga berbeda. Begitu juga dengan syarat dan proseur klaim dari setiap jenis asuransi mobil.

Leave a Reply

Your email address will not be published.