Jam Bursa Saham Buat Kamu Para Trader

214 views

Danareksa.iskandarnote.com Jam Bursa Saham Trader– Jika berbicara mengenai trading saham, kini peminat bisnis online tersebut kian meningkat khususnya di Indonesia. Dalam jual beli saham, salah satu faktor yang perlu diperhatikan adalah jam bursa saham yang tepat.

Sayangnya, banyak trader yang berasumsi bahwa kegiatan trading dilakukan selama 24 jam. Faktanya, bursa saham sebenarnya memiliki jam-jam tertentu yang telah ditetapkan oleh Bursa Saham Indonesia. Berbeda dengan pasar forex yang memang beroperasi selama 24 jam. Penetapan jam bursa saham Indonesia menggunakan pedoman JATS (Jakarta Automated Trading System), yang mana dibagi dalam 3 kategori yakni Pasar Negosiasi, Saham Pasar Tunai dan juga Pasar Reguler.

Jam Bursa Saham Pasar Reguler

Jam bursa saham di pasar reguler adalah salah satu hal paling penting yang harus trader ketahui. Pasalnya, aktivitas trading harian akan berpegangan pada jam tersebut.

Read:   Perkembangan Reksadana Syariah di Indonesia Dalam 5 Tahun Terakhir

Di pasar reguler, para trader dapat melakukan trading selama 5 hari kerja dalam sepekan. Yakni hari Senin sampai hari Jumat, sementara pada hari Sabtu dan Minggu bursa libur alias tidak beroperasi.

Selain itu, di luar jam yang telah ditetapkan trader tidak bisa melakukan transaksi jual beli saham. Namun kamu bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk sesi pre opening pada jam sebelum pembukaan yaitu 15 menit sebelum jam bursa sesi pertama dimulai.

Tidak hanya sesi pre opening, ada juga sesi pre-closing. Di jam 15.50 hingga 16.05 bursa akan berhenti beroperasi. Waktu tersebut dimanfaatkan oleh para trader untuk menginput permintaan serta penawaran pada 10 menit pertama.

Sementara untuk 5 menit terakhir akan digunakan oleh sistem untuk mempertemukan keduanya sesuai dengan price dan time priority.

Adapun jam bursa saham pasar reguler bisa kamu lihat di bawah ini:

Read:   Tips Berinvestasi di Danareksa Bagi Pemula
HariSesi PertamaSesi Kedua
Senin – KamisPukul 09.00 – 12.00Pukul 13.30 – 15.49.59
JumatPukul 09.00 – 11.30Pukul 14.00 – 15.49.59
Jam Bursa Saham Pasar Reguler

Jam Bursa Saham Pasar Tunai

Selain mengetahui jam bursa pasar reguler, seorang trader juga perlu mengetahui jam bursa saham di pasar tunai.

Berbeda dengan pasar reguler, jam bursa pada pasar tunai hanya memiliki satu sesi waktu saja yakni dimulai pukul 09.00 hingga 12.00.

Waktu tersebut berlaku untuk hari Senin hingga Kamis saja, semantara pada hari Jumat jam mulai sama yaitu 09.00 hanya saja waktu penutupan lebih awal setengah jam menjadi 11.30.

Jangan lupa untuk memanfaatkan sesi pre opening dan pre closing pada 15 menit sebelum jam pembukaan dan 15 menit sebelum jam penutupan ya.

Jam Bursa Pasar Negosiasi

Hampir sama dengan jam bursa pada pasar reguler, jam bursa pada pasar negosiasi juga memiliki dua sesi. Jam perdagangan pada hari Senin hingga Kamis sama dengan jam di pasar reguler untuk sesi pertamanya, namun ada sedikit perbedaan pada jam sesi kedua dan juga di hari Jumat.

Read:   Jenis-jenis Investasi Reksadana Yang Wajib Di Pahami

Untuk lebih jelasnya, perhatikan jam perdagangan saham di pasar negosiasi berikut ini.

HariSesi PertamaSesi Kedua
Senin – KamisPukul 09.00 – 12.00Pukul 13.30 – 16.15
JumatPukul 09.00 – 11.30Pukul 14.00 – 16.15
Jam Bursa Pasar Negosiasi

Nah, itu dia jam bursa saham yang bisa kamu jadikan pedoman untuk melakukan trading saham. Lantas bagaimana jika kamu melakukan jual beli trading pada jam selain yang telah ditentukan? Maka secara otomatis akan dilakukan auto rejection oleh sistem BEI.

Dengan kata lain, berapapun offer dan bid yang kamu pasang  akan tetap ditolak secara otomatis oleh sistem. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.