Resmi Dibuka ! Berikut Serba-serbi Sirkuit Mandalika

333 views

Danareksa.iskandarnote.com sirkuit mandalika resmi dibuka. Sirkuit Mandalika yang dikabarkan akan menampung balapan bergengsi MotoGP akhirnya telah diresmikan oleh Bapak Presiden Joko Widodo.

Lintasan balap internasional yang berlokasi di NTB itu dinyatakan siap untuk menampung event besar. Gelaran WorldSBK Indonesia yang akan dilaksanakan tahun ini pun hanya tinggal menghitung hari saja. Bahkan, sejumlah pembalap sudah tiba di sana lengkap dengan safety car dan test speed.

Sebelum event besar tersebut dimulai, berikut kami berikan serba-serbi Sirkuit Mandalika, lintasan balapan berskala dunia dari Indonesia.

Profil Mandalika

Sirkuit baru Indonesia yang terletak di wilayah timur ini memiliki nama resmi Pertamina Mandalika International Street Circuit. Lintasan Mandalika ini dibangun dengan menggunakan teknologi pengaspalan Stone Mastic Asphalt (SMA).

Read:   TUTORIAL TO MAKE A GOOGLE FORM

Lintasannya memiliki panjang sekitar 4,3 kilometer. Dari luas wilayah tersebut terdapat 17 lintasan yang terdiri dari 11 lintasan ke arah kanan dan 6 lintasan ke arah kiri. Di bagian atasnya juga sudah dilengkapi dengan 40 garasi permanen untuk ruang pers dan liputan.

Arena sepanjang 4.300 meter tersebut mampu menampung hingga 200 ribu orang. Belum lagi area terbuka di bagian luar yang berkemungkinan mendatangkan penonton lebih banyak.

Rencananya MotoGP akan terlaksana pada 20 Maret 2022. Namun sebelum itu akan dilakukan tes pramusim terlebih dahulu di pertengahan Februari mendatang.

Dijajal Langsung Presiden Jokowi

Sebelum terjamah pembalap ulung dunia, Bapak Presiden sudah menjajalnya lebih dulu begitu selesai meresmikan Sirkuit Mandalika.

Presiden berkendara dengan hati-hati mengingat kondisi aspal sempat basah terguyur hujan. Ternyata 17 lintasan sirkuit tersebut cukup membuatnya kewalahan.

Read:   Risiko Dan Keuntungan Reksadana

Sehabis mencobanya, Pak Jokowi menyampaikan keyakinannya akan dampak signifikan terhadap ekonomi Negara setelah World Superbike dan MotoGP digelar.

Bermukim di Kawasan Wisata

Keyakinan Bapak Jokowi tidak serta merta menimbulkan harapan belaka. Sirkuit yang dibangun di atas tanah Lombok itu diprediksikan bakal menjadi tempat wisata baru layaknya pulau Bali yang erat dengan warga asing.

Selain hiburan balap motor bertaraf internasional, pengunjung juga dapat menikmati tempat-tempat indah Mandalika. Sebut saja Pantai Kuta Mandalika, Pantai Seger, Pantai Tanjung Aan, dan Pantai Gerupuk. Inilah yang membuat Mandalika menjadi wilayah yang sangat bernilai.

Selain area pantai yang indah, Bukit Merese akan membuat banyak mata wisatawan terbelalak akan keelokannya. Belum lagi daerah asri seperti Desa Adat Ende dan Desa Adat Sade yang budayanya masih terasa kental.

Read:   Pinjaman Online dan Cicilan Tanpa Kartu Kredit Aplikasi Kredivo

Bermodal keindahan alam dan pergelaran event balap MotoGP, Sirkuit Mandalika akan membuka peluang yang sangat besar bagi Indonesia seperti yang dikatakan Pak Jokowi. Diprediksikan sekitar 300 ribu orang per tahun akan berkunjung ke Indonesia.

Dengan adanya peluang ini akan memunculkan sektor ekonomi kreatif di sekitar kawasan yang dapat membuka lapangan kerja baru sekurang-kurangnya bagi 7.500 orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.