Tips Berinvestasi di Danareksa Bagi Pemula

230 views

Danareksa.iskandarnote.com -Tips Berinvestasi di Danareksa Bagi Pemula – Belakangan ini semakin banyak orang yang tertarik untuk bergabung sebagai investor atau biasa disebut investor. Misalnya dengan bergabung dengan salah satu BUMN yang memberikan penawaran investasi menarik, Danareksa. Berikut ini akan dijelaskan tips berinvestasi di Danareksa untuk pemula.

Tips Berinvestasi di Danareksa

Pelajari Investasi Danareksa

Hal pertama yang harus dilakukan sebagai cara berinvestasi di Danareksa adalah mempelajari definisi operasional sebelum melakukan investasi. Penting untuk diketahui bahwa ada dua istilah yang sering dibingungkan oleh calon investor pemula, yaitu istilah Danareksa dan Reksa Dana. Pasalnya, meski agak mirip, kedua hal ini memiliki makna yang berbeda.

Secara sederhana, Danareksa dapat diartikan sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang penyediaan jasa keuangan. Sebagai perusahaan milik negara, perusahaan ini diberi wewenang untuk mengelola kegiatan utama pasar uang dan pasar modal. Sedangkan reksa dana merupakan salah satu layanan Danareksa yang memberikan keleluasaan bagi nasabah untuk berinvestasi.

Read:   Mengenal Robot Trading, Berikut Keuntungan serta Risikonya

Ketahui Cara Kerjanya

Setelah memahami definisi di atas, perlu juga diketahui alur kerja dana yang telah diinvestasikan. Perlunya, memahami bagaimana mekanismenya jika suatu saat terjadi kenaikan atau bahkan penurunan nilai saham. Hal ini penting untuk dipahami sejak awal, agar tidak kaget ketika suatu saat Anda menghadapi situasi tertentu terkait nilai saham.

Pastikan Tujuan sebelum Investasi

Ketiga, penting juga untuk saling meyakinkan mengenai tujuan terkait dilakukannya kegiatan investasi ini, apakah ada urgensinya atau tidak? Tentunya setiap orang memiliki pertimbangan khusus sesuai dengan motivasinya, yang nantinya dapat digunakan untuk menentukan jenis pelayanan yang paling sesuai. Termasuk, menentukan rentang waktu investasi yang akan dilakukan, beserta jumlah dananya.

Read:   Jenis-jenis Investasi Reksadana Yang Wajib Di Pahami

Pahami Jenis Investasi

Selanjutnya, investor juga harus memahami jenis investasi yang akan dilakukan. Karena reksa dana ini sendiri terbagi menjadi empat jenis layanan yang berbeda, terdiri dari:

  • Reksa dana pasar uang yang seluruh dana pemodalnya akan diarahkan pada deposito, obligasi, atau sertifikat Bank Indonesia
  • Berbagai reksa dana pendapatan tetap dengan aliran minimal 80% di antaranya akan ditempatkan pada obligasi
  • Jenis reksa dana indeks yang mirip dengan saham dengan harga yang fluktuatif
  • Terakhir, ada reksa dana campuran yang aturannya memuat kombinasi jenis-jenis layanan di atas

Tanyakan Penghitungan Rincinya

Kemudian, jangan lupa untuk menanyakan sistematika perhitungan untung rugi dari investasi yang dilakukan. Demikian juga mengenai daftar istilah yang terdapat dalam layanan informasi untuk memudahkan dalam membaca data nantinya.

Read:   Perbedaan Saham dan Reksadana yang Wajib Anda Ketahui

Daftar Investasi yang Diminati

Setelah membulatkan tekad, saatnya mendaftar di kantor Danareksa terdekat. Tinggal mengkonsultasikan keinginan petugas tersebut, kemudian mereka akan terbantu untuk menentukan layanan yang paling sesuai dengan minat dan kondisi keuangan Anda. Tentunya jika investor akhirnya memilih jenis penawaran keuntungan yang besar, hal itu juga akan sejalan dengan perkiraan risiko kerugian yang menjadi ancaman.

Demikian ulasan tentang tips berinvestasi di danareksa bagi pemula, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.